maXXio sportylux coach

wallp-MAXXIO1280-front desain bus

Beyond  Function

Buat apa sih orang beli moge Ducati dengan teknologi supercanggih, power mesin pol, speed edan dengan harga selangit tentunya. Pun belum tentu pula seminggu sekali tuh motor digeber di jalanan, jarang juga bisa plintir throtel maksimum di jalanan non sirkuit. Yang pasti, panas tetep kepanasan, ujan juga tetep aja kehujanan.  Yaps, kalau hanya menilik dari fungsinya sebagai alat transportasi bisa kan pake ‘motor biasa’ semisal byson ato megapro seharga kurang dari sepersepuluhnya.

Memang kita sebagai manusia bukan semata makhluk pure function -memakai barang hanya dari fungsinya-tapi  juga butuh kesenangan, kebanggaan, status atau prestise lah gampangnya. Demi prestise -saya lebih akrab dengan istilah klangenan– harga kadang tidak masuk akal bila disandingkan dengan wujud barang yang dihargainya. Sering dengar kan sebuah keris, tanaman bonsai, perkutut ataupun piaraan lain seharga puluhan juta rupiah?  Bagi kalangan yang berkecimpung di dalamnya akan memahami, memaklumi, gengsi memang betul mahal harganya.

Trus apa hubungannya dengan desain konsep MAXXIO ini?

Belum ada kan produk bis super  layaknya supercar kalau di roda 4 (bugatti, lambo, ferrari dll) yang dibeli bukan hanya sekedar dimanfaatkan fungsinya namun lebih ke nilai gengsinya? Nah, model maxxio ini dipinang sang  owner bis sebagai maskot, kesenangan/hobi, benda klangenan, bukan hanya sekadar mesin pencari duit semata. Sebagai mobil klangenan, untuk charter/ sewa masih relefan, masih bisa ngasilin duit. Tidak menutup kemungkinan juga tetap untuk line regular, namun yach masuknya squad cadangan saja biar tidak cepet lecek gitu.

Apa sih yang istimewa dari model ini?

  1. -sporty/racy desain style
  2. -very limited produce
  3. -material & setting interior superb
  4. -konfigurasi jok big top exe
  5. -dipaket hanya dengan type sasis no wahid (scania Kseries, O500, built in airsus lah)
  6. -ekslusive, tanpa banyak kembaran

Sedangkan kelemahannya:

  1. -lebih mahal
  2. -tidak cocok untuk line harian

Untuk mendukung tujuan di atas, afdolnya dikawinkan dengan produsen karoseri yang punya brand yahud sebagai paketan harga prestise yang disandangnya. Meskipun pangsa pasar dari produk jenis ini seuprit tapi pasarnya tetap ada loh, cukuplah menyebut angka 1 unit per bulan alias cuma dibuat 12 unit aja dalam setahun. Bahkan karna jumlahnya yang sedikit tersebut makin menguatkan citra eksklusif-nya.

Maxxio, maximal in prestigio….halah, maksa ha ha

Inspirasi Desain

sumber inspirasi

Untuk desainnya sendiri saya begitu kesengsem tiap kali melihat model front end Irizar, karoseri besutan Spanyol ini. Aerodinamis dan futuristis meskipun dengan kepala lohannya. Ada lagi produk karoseri Amerika Latin, Marcopolo Paradiso. Headlamp yang wrap out hingga menabrak pintu depan itu sungguh rancangan yang di luar mainstream. Tak heran bila 2 model tersebut begitu menginspirasi dalam proses perancangan desain maxxio ini.

Untuk eksterior, permainan lampu menjadi salah satu cara tampil memukau di kala malam. Bagian mainlight dibekali HID xenon, dan lampu kota disusun dari rangkain LED. Destination display juga tidak lupa menjejali kaca depan, inspirasinya dari sini. Untuk variasi kaca samping,  ditanamkan rangkain LED (menyala bersama dengan lampu senja) di bawahnya sehingga hanya tampak ambient-nya saja. Hal ini memberi sedikit penekanan karena desain tarikan kaca samping sangat sederhana, datar dari belakang dan melandai turun bertemu dengan garis headlamp di depan.

Untuk bagian belakang cowl buritan ngambil konsep dari bis ini:

eits, maksudnya bagian belakangnya aja..

Tentunya dengan beberapa perubahan dengan arah racing style; quadro muffler, mid brake lamp, serta main back lamp dengan tatakan LED bergaris. Sektor pembuangan udara panas mesin cukuplah dibuatkan exhaust pada ujung kap mesin.

Untuk bagian interior monggo diimajinasikan sendiri, anggaplah BroSis sebagai salah satu dari 12 orang owner bis  yang mendapat kehormatan meminangnya ke garasi. Selera dan  harapan tiap orang pasti berbeda, bisalah di custom menyesuaikan kehendak pemesan.

Monggo ndaftar nginden dulu sebelum kehabisan, xi xi xi

Yang berminat majang sebagai wallpaper lappie (1280×800):

  • tampakdepan
  • tampak samping
  • tampak belakang

Gambar gambar konsep renderingya silakan dinikmati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s