Kitaro, Silk Road Fantasy

kitaro_wall-up

Takahashi Masonari atau lebih kita kenal dengan Kitaro adalah seorang musisi intrumentalis yang berasal dari negeri matahari terbit. Kekagumannya tentang alam dan kehidupan begitu mewarnai karyanya. Kepandaiannya mencuplik suara alam yang kemudian diolah dengan rasa & karsanya hingga menjadi sebuah harmoni melodi begitu apik hingga komposisi yang dihadirkan oleh Kitaro begitu terasa punya jiwa.

kitaro_wall-up

Fantasi yang dihadirkan dari musik Kitaro membuatnya diakui dunia. Berkat musik untuk film NHK ‘Silk Road’ yang begitu terkenal, membuatnya jadi perhatian dunia. Dalam diskografi albumnya, beberapa gubahannya masuk ke dalam nominasi grammy award sebagai musik pengiring terbaik. Diantaranya adalah theme song untuk film Heaven and Earth karya Oliver Stone yang dikerjakan Kitaro dalam album berjudul sama, Album Mandala, dan Lagu The Field dalam album The Light of Spirit. Puncaknya adalah ketika albumnya Thinking of You (2001) memenangi Grammy.

Memang dengan mendengarkan beberapa komposisi gubahannya, perasaan rileks dan damai itu bisa kita rasakan. Tak heran bila sering kita jumpai hasil karyanya dipakai sebagai backsound untuk acara-acara tertentu seperti yoga ataupun pembekalan motivasi yang dapat menciptakan suasana tenang dan damai bagi pesertanya.

Berawal dari kekaguman penulis pada musisi  gaek ini, coba siluet wajahnya dilukiskan ke dalam dinding bus. Memang tidak sezaman dengan Beethoven sih (yang sudah ada desain liverynya pada bus Nusantara, shimphonie), namun bolehlah kepiawaiannya mengkomposisi beragam instrumen ke dalam bentuk orkestrasi kita sejajarkan. Berikut gambarannya, warna coklat melukiskan tanah, bumi atau alam atau bisa juga melukiskan ketradisionalan musik yang dihasilkannya.

9 thoughts on “Kitaro, Silk Road Fantasy

  1. “Alam mengilhami saya. Saya hanyalah seorang utusan,Bagi saya, sebagian lagu bagaikan awan-awan, sebagian lagi bagaikan air.” kutipan sang maestro yg aku suka mas,hehe. kitaro dan paperbus 2 hal yg aku senangi.Kalo masnya mau berbagi aku yo gk bakal nolak mas😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s