Zonda Super Touring

Win_zonda-touring-stripe

Zonda, nama yang diberikan pada bus racikan Satrio Motor. Bengkel rehab bis asal  Kota Magelang ini cukup gape dalam merehab wajah sepuh armada lawas menjadi lebih segar menyerupai produk besutan karoseri baru. Hasil garapannya cukup halus dan agak susah dibedakan dengan produk aslinya.

foto: haltebus
Zonda scorpion holiday / foto: haltebus

Strategi yang dipilih Mas Win (Winarno) cukup pintar, mendandani bus lama menjadi seperti produk karoseri yang sedang booming saat ini, model jetbus adi putro. Dari sisi ekonomi, resikonya cukup minim, dipastikan laris. Lagipula untuk menelurkan produk baru tidak semudah yang disangka, butuh riset dan kejelian terhadap selera pasar dan keberanian yang tinggi. Untuk karoseri kecil cukup merepotkan, antara standar model yang dikeluarkan dengan keinginan kastemer seringkali tidak sejalan yang ujung-ujungnya rikues custom di sana-sini yang malah bisa melenceng dari model asal. Jargon pembeli adalah raja sangat berlaku, dalam hal custom model loh, ya. Bahkan untuk karoseri sekelas Morodadi Malang pun keinginan custom desain dari pembeli dilayani meski terbatas untuk pelanggan.

jetbus adi putro /foto: zaki
jetbus adi putro /foto: zaki

Untuk beberapa lama, bengkel karoseri yang digawangi Bp. Winarno Achmad ini tidak merilis produk baru. Alternatif desain cowl belakang ini sengaja didedikasikan untuk karoseri dari Kota Tidar ini. Lampu belakang mengadopsi back lamp model scania touring, lampu yang saat ini paling eye catching dan banyak karoseri lokal memakainya (RS, Laks, NA, MP, Tentrem). Mumpung adi putro belum mengaplikasikan ke model busnya😀.

 

Bravo untuk kreator seni plat besi a.k.a bengkel karoseri lokal

8 thoughts on “Zonda Super Touring

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s