SAN BATIK

1200-pola-batik

bus-san-baru
Kejenuhan kadang hadir saat suatu hal bersifat rutin dan monoton. Begitu pula dengan armada bis Siliwangi antar Nusa. Bis asal Bengkulu ini dalam beberapa tahun terakhir tiap berganti armada selalu menggunakan model legacy SR-1 dengan balutan warna keemasan dominan polos.Keseragaman armada saat tampak di garasi ternyata menggugah ide ‘Big Bos’ untuk menampilkan satu hal baru. Varian model karoseri, jenis sasis serta tampilan cat eksterior pun langsung kena sentuhan.
snapshot_tabot3

Kurnia Lesani Adnan, sang putra mahkota yang kebagian mengkomando pun punya 1 tema yang harus diwujudkan, tampilan ciri khas bengkulu. Berbagai referensi pun dikumpulkan dan ada beberapa item yang banyak dikenal sebagai maskot kota yang terletak di pantai barat P Sumatra ini. Diantaranya bunga raflesia, benteng marlborough, tradisi tabot, dan batik basurek. 3 hal pertama akhirnya dicoret dari tampilan gambar, bahkan motif batik basurek pun mendapat revisi, pada motif aslinya batik ini menonjolkan icon raflesia yang menjadi icon Bengkulu namun dengan inisiatif penulis akhirnya diganti dengan icon coconut tree. Pasti tahu kan sebab bunga raflesia dihilangkan dari tampilan bis ini? Yup, icon sang kompetitor BrođŸ˜€
snapshot_pola-batik

Setelah berproses dengan beberapa revisi desain, rampung sudah balutan batik yang menghiasi bagian samping belakang bus SAN eksekutif (warna gold) ini. Model pertama yang didaulat pake warna baju baru ini adalah scorX Tentrem karena jadwal pengecatan lebih dulu dibanding unit legacy SR 1 premium yang datang belakangan. Penampakan unit-unit san batik ini pun telah dapat dinikmati di jalur Jakarta-Bengkulu yang menjadi tugas utama pengantaran penumpang yang diemban bis-bis baju baru ini.

NEW-sky--SAN-batik-REV-up

Dengan balutan desain motif batik besurek menunjukkan bahwa SAN sebagai perusahaan asli Bengkulu namun berkelas nasional tidak melupakan kebudayaan daerah asalnya dan ikut serta mempromosikan kain khas Bengkulu tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s