(EVO3) EVONEXT Gen-3

1200evo-good-copy

 

genesia

superbus
superbus

New Armada, karoseri asal kota Magelang Jawa Tengah. Salah satu karoseri yang penulis kagum dengan strateginya, berani nelorin produk yang anti mainstream, tengoklah Genesia, evobus, superbus, aristo, magneto vision.. meski yach kadang bisa dikatakan untuk beberapa model terakhir agak kepedeanšŸ˜€.

ilustrasi evo1ilustrasi evo2
Produk unggulan karoseri new armada adalah evonext (evolution next) dengan konsep desain bertema futuristik, sporty & aerodinamis. Dikonsep sebagai senjata untuk mengejar dominasi adi putro (APtravego kala itu). Sejak kelahirannya di tahun 2010 pada pameran IIBT (Indonesia International Bus and Truck) pertama, baru sekali mengalami facelift front end (evoGT) ganti wajah dan boko** CMIIW. Di awal kehadirannya memang cukup menggebrak pasar, disaat karoseri lain dominan mengambilĀ  strategi main aman dengan tema travego-isme dan beberapa karoseri lain yang “berani beda” masih berusaha menemukan racikan yang pas untuk menentukan grand design-nya sendiri.

garnsih oversized, ups..
garnsih oversized, ups..

Namun di era saat ini dimana persaingan model bus garapan karoseri cukup sengit, tiap pabrikan telah memiliki gacoan yang sangat kuat karakternya masing-masing, sebut saja legacy (Laksana), Scorpion (Tentrem), Liner series (RS), jetbus setra (Adi Putro). Saat ini disaat usianya memasuki 6 tahun secara lifetime sudah sewajarnya memasuki facelift ke-2 atau bahkan mungkin major update.

 

NA evolander

Gambar model baru evonext ini tidak sengaja penulis temukan di dunia maya dan ada beberapa bagian yang dirasa perlu disempurnakan lagi. Sebelumnya mohon maaf kalau nanti ada yang kurang berkenan, ini hanya sebuah ide atau cukuplah dikatakan mimpi seorang pecinta bis akan sebuah wujud model update eksterior dari sang Evonext agar imbang bersaing dengan kompetitor saat ini, dimana persaingan yang imbang akan berimbas pada kemajuan.

evonext basic
evonext basic
sumber inspirasi
sumber inspirasi

Okey, sudah cukup basa-basinya. Kita mulai dengan basic desain sumber inspirasi penulis.
1. Yutong, seri berapa tuh? ngambil konsep dasar evonext lama. Tuh di depan selendang pakai kaca kok, bukan main cat. Lebih bagus menurutku.
2. Irizar Pb. sangat suka 1/3 bagian samping s/d depan yang merunduk. Agresif, seolah pingin melaju cepat.
3. Irizar i6. Kita ambil pertemuan titik habis kaca samping yang meng-overlap cowl belakang. Back lampnya juga cukup cocok untuk diterapkan pada bodi bis yang cenderung tinggi.
Loh, kok jiplak? IMHO, penulis lebih seneng istilah ATM (amati, tiru, modifikasi). Toh saat ini tidak ada 1 karya seni/inovasi pun yang murni 100% tanpa terpengaruh ide/karya dari luar dirinya, hanya yang membedakan adalah tingkat kemiripannya dengan produk lain, semakin banyak bagian yang mirip maka mendekati plagiat dan makin dikit bagian yang sama bisa dibilang cenderung original. Udah ya, kita tutup dulu debat masalah jiplak menjiplak ini…

konsep-EV3-LUM

bagian utama pembaruan
bagian utama pembaruan

NA evolander raptor
Garis/shape bodi keseluruhan tetap mengambil dari evonext (proporsinya dugaan penulis sudah HD). Hanya untuk bagian kaca samping depan mendekati pintu dibuat miring, pada evonext hanya permainan warna cat hitam dof sedangkan kaca hanya lurus mendatar. Garnish/variasi selendang mengambil dari evo BRT & magneto vision namun tidak dengan ukurannya loh ya! duh segede gaban gitu sihšŸ˜€
Jadi detailing yang penulis maui adalah di bagian berikut:
1. Kaca samping SW1 (belakang pintu depan).
2. Selendang tidak hanya stiker ataupun plat krom namun yang lebih berdimensi (awas, jangan lebay!)
3. Kaca samping SW5Ā  (kaca samping paling belakang).
4. Spoiler AC
Untuk bagian wajah dan boko** monggo dibayangkan sendirišŸ˜€

NB: Sebenernya mau usul juga untuk mengurangi lebar kaca (ya tidak perlu sesempit Jetbus AP) gaperlu banyak-banyak kok cukup +/-5cm biar ga keliatan ndeprok (terlihat banget di model non HD). Toh segi pandangan penumpang tidak jauh berbeda.Ā  Sisi positifnya tentu rigiditas lebih baik. Cuman merubah konsep rangka ini perlu effort lebih, belum biaya dan waktu untuk mewujudkannya.
NB#2: Walah, ampe kelupaan….:D nama model rekaan penulis ini “EVO3”, Evonext generasi ke-3.

2 thoughts on “(EVO3) EVONEXT Gen-3

  1. tjakep mas ajup…

    lebih manis dan elegan

    umpama nich, desain mas ajup tak wujudkan dalam bentuk miniatur kira-kira berkenan tidak? saya takutnya melanggar hak cipta…
    habisnya desain mas ajup keren2 sih…

    eh iya, mau ngaku kalau udah ada satu desain mas ajup yg dah jadi miniatur skala 1:20 tapi aku nya belum ijin, hehehe…***smoga gak melanggar haki

    1. Nuwun Mas Anto. Wah, kalo berkenan mewujudkan ke dunia nyata versi replika (miniatur) aku seneng bgt.. Eh, tapi bagian depan & belakangnya kan belum ada…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s