LIVERY SINAR JAYA

1200px head sinjay

Sebuah livery/warna striping adalah pembeda dari sebuah perusahaan operator bus dari para pesaingnya. Desain motif warna eksterior ini menjadi ciri paling kentara, tentu selain nama/merk-po nya. Seperti halnya logo, desain livery menjadi salah satu bagian yang punya peranan dalam menguatkan brand identity atau bahasa gampangnya ciri khas perusahaan.

bekasi-uji-kelaikan-ratusan-bus-mudik-2014-7uUBisa kita bayangkan dimana bila jejeran bus (semua PO) saat ngetem di terminal dalam warna yang seragam, bingung kan? Begitu pentingnya fungsi livery ini namun masih banyak PO yang terkesan meremehkan dangan seringnya berganti livery tanpa ada benang merah dengan livery sebelumnya. Benang merah disini bisa berupa, ciri warna ataupun bentuk motifnya. Sebenarnya ada 2 kemungkinan sebenarnya, mereka memang benar belum aware atau memang masih dalam perjalanan mencari komposisi yang pas.

Selain berfungsi sebagai penanda/ciri khas, peran yang sebenarnya lebih besar adalah mewakili image perusahaan tersebut. Mau berpenampilan energik (warna meriah), profesional bersahaja (warna kalem) ataupun gabungan keduanya.

warna pelangi identik
warna pelangi identik

Salah satu PO yang konsisten dengan cirikhasnya adalah Sinar Jaya. Bus yang bermarkas di Bekasi ini sudah memakai penanda warna pelangi sebagai identitasnya. Antara unit AKAP, angkutan karyawan maupun armada wisata memakai kombinasi warna ini meskipun dalam bentuk motif yang berbeda.

Sinjay RK-T era awal 90
Sinjay RK-T era awal 90
Sinjay era jetbus
Sinjay era jetbus

Untuk unit angkutan antar kota (AKAP) nyaris tidak berubah. Sejak armada panorama RK-T era 90-an awal hingga jetbus generasi pertama masih memakai warna & motif yang sama, dasar silver kombinasi deret pelangi di bawah kaca, dengan tipe tulisan/font bergarisnya. Namun sejak unit prototipe Laksana new SR1 berchasis Hino RN285 diikutkan dalam pameran IIMS 2013, motif yang dipakai selama ini mengalami evolusi. Kombinasi pada unit ini kemudian menjadi bahan acuan untuk semua armada AKAP, yach meskipun pada awalnya sang owner sedikit ragu dengan motif ini. Warna dasar dasar abu metalik berganti menjadi putih mutiara serta bentuk jejeran pelangi belah ketupatnya berganti lebih luwes & ditambah stripe warna emas. Tak lupa, dari sisi tipe tulisan pun dipakai tipe sans serif dengan sedikit modifkasi. Image yang ditampilkan, elegan, moderen dan berkelas.

logo sinar

New Legacy Sky on IIMS 2013
New Legacy Sky on IIMS 2013

 

Pics: para fotografer bis handal

3 thoughts on “LIVERY SINAR JAYA

  1. Menarik kang aJup kalo mbahas livery… Selain SJ yang telah berevolusi dengan manis, ada Raya dan Tunggal Dara yang juga sangat menjaga benar brand image mereka.
    Oh ya, kalo boleh bertanya, sebenarnya livery itu punya hak cipta tidak sih?

    1. Mas Anto, mungkin maksudnya hak paten ya? untuk desain livery di sini sangat amat jarang sekali….he he yang didaftarkan ke dirjen HAKI. Menurut kabar yang Ajp tahu, hanya livery PO pantura (gambar musisi klasik ituh) itu yang berhak paten. Tapi kok kenyataan di lapangan banyak dipakai po kecil-kecil meski dengan warna beda. Tidak usah jauh jauh Mas, bodi model karoseri aja jarang yang dipatenkan loh…:D

      1. karoseri pernah ada yg dipatenkan, saya pernah dengar penuturan driver grup H*BA bahwa salah satu PO nya nyontek abis persis marcopolo AP lewat bengkel in house H*BA karena enginer body pernah kerja di AP.
        dituntut 1m lebih dan dibayar oleh grup H*BA

        kalo njiplak/ copy boleh tapi harus ada ciri yg membedakan seperti jetbus AP dengan jetbus copy-an produk Morodadi, klo kita gak detail mengamati hampr sama persis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s