Generasi Legacy Laksana #part 2

Capture_legacy thumb

Capture_SR2

NEW DETAIL
Generasi ketiga, mengusung ubahan total hingga tak heran model ini telah memakai codename baru, SR-2. Meski begitu, ciri khas Legacy yang gagah, modern namun tetap elegan & mewah tetap mengalir pada model yang didaulat Laksana sebagai wujud kreatifitas lokal dalam menciptakan kendaraan secara utuh, tidak mau kalah dengan negara-negara lain.
“Dalam mendesain produk-produk di Laksana, kami selalu berprinsip untuk membuat sebuah produk yang original, unik dan inovatif, sebuah produk yang dapat dengan bangga diakukan sebagai produk design asli Indonesia”, ujar Stefan Arman pada saat launching SR-2 pada GIIAS 2016, beberapa hari yang lalu.
Beberapa detail baru yang diusung, antara lain:
1. Lampu. Bagian headlamp & backlamp adalah hasil pengembangan sendiri, dengan desain modern & mewah, dilengkapi dengan fiber optik.
2. Garnish ornament samping L yang menyerupai logo Laksana. Pada bagian atas kaca samping, dihias ornament dari alumunium ekstrusi
3. Bagian atap samping mengadopsi konsep desain floating roof yang saat ini sedang populer di industri otomotif. Maksudnya, bagian atap seolah-olah tanpa pilar penyangga, mengambang gitu lah..Kalau di sini gampangnya bisa ditemui pada Toyota fortuner ataupun Mobilio.
4. Cowl belakang yang semok, lekukan menjorok ke belakang yang sangat berani. Ekor itik pada atas kaca makin diperjelas. Pada bagian lampu dilengkapi fiber optik berbentuk huruf L.
5. Interior. Berubah total, dengan desain yang baru. Aliran lampu ambient led makin disinkronkan dengan bentuk detail roof secara keseluruhan. Cobalah nikmati ketika suasana hampir gelap dengan lega light yang menyala sambil menikmati perjalanan. Yakin deh, pasti terpesona..

Capture_headlamp
COMFORT & SAFETY
“Pada saat mendesain bus ini, kami sangat fokus pada aspek comfort dan safety. Misalnya, untuk tinggi total bus SR-2 ini masih sama dengan versi sebelumnya. Kami melihat bahwa Legacy Sky selama ini sudah teruji memiliki kestabilan yang sangat baik dan cocok untuk kondisi jalanan yang ada di Indonesia”, penjelasan dari Stefan Arman, Direktur Teknik Karoseri Laksana.
“Di tengah tren bus yang super tinggi (SHD) yang sedang marak, Kami buat eksterior SR-2 sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang terkesan gagah & tinggi namun tetap mempertahankan ketinggian dari center of gravity kendaraan untuk menjaga kestabilan kendaraan”, tambahnya.
“Jadi, bus ini akan terlihat gagah & tinggi namun tetap stabil. Dengan lebih stabilnya suatu kendaraan maka kemungkinan terjadinya body roll juga dapat diminimalkan”, imbuhnya lagi.
Pada area driver, dibuat ergonomis & nyaman. Tombol-tombol diatur pada area jangkauan driver maupun asistennya. Akses visual driver pada keadaan sekitar bis dimaksimalkan, area sisi kanan-kiri bus dapat lebih mudah terpantau sehingga dapat meningkatkan safety penumpang di dalamnya.

Capture_sr23
SPACIOUS
Tantangan bagi tim RnD salah satunya untuk menciptakan bus yang memiliki ruang interior yang lega. Kelegaan ini dapat digunakan bagi user bus untuk menambah ruang kaki ataupun menambah jumlah tempat duduk. Salah satu bagian terpenting yang menunjang hal ini adalah konsept small toilet. Toilet didesain berukuran seminimal mungkin disesuaikan dengan ergonomi rata-rata orang Indonesia tanpa menghilangkan fungsi utamanya. Pada bis 12m unit pameran (berchassis Hino RN ) yang dilengkapi dengan toilet, dapat menampung 47seat dengan ruang kaki yang lega bahkan bisa menampung hingga 51seat.

Capture_toilet
Dari berbagai inovasi yang diusung oleh karoseri asal Kota Ungaran ini, masyarakat transportasi Indonesia telah disuguhi dengan ide-ide baru produk moda transportasi bis. Semoga ketertarikan untuk menggunakan transportasi massal lebih meningkat lagi. Saat ini bis sudah bukan hanya kotak besi yang diberi mesin namun telah berubah menjadi sarana aktualisasi diri baik bagi owner, crew maupun penumpangnya. Bukan, begitu rekan sekalian?

 

 

One thought on “Generasi Legacy Laksana #part 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s