Avante, si bando dari Tentrem

penampakan-avante-bus-shd-dari-karoseri-tentrem-foto-yohan-wahyudi

Karoseri Tentrem asal Malang ini sudah lama absen tidak menelurkan produk baru kelas atasnya, terhitung sejak varian Scor X muncul medio 2013. Di ujung akhir bulan yang katanya penuh dengan keceriaan ini, yang ditunggu akhirnya muncul juga secara resmi. Sang pengganti dengan label Avante. Meski sebelumnya telah beredar bocoran foto di medsos saat varian ini masih tahap prototiping.

 

img-20160407-wa0000
Saat ini dunia perbisan memang sedang tren bis lantai ekstra tinggi (shd) & dobel glass, alias kaca tumpuk pada sektor depan. Tak heran bila si Avante ini juga mengusung 2 hal yang sedang diminati ini. Bagian eksterior Avante ini menawarkan banyak hal baru bila dibandingkan dengan karoseri lain yang telah duluan merilis konsep double glass-nya.

view ke depan sangat luaasss
view ke depan sangat luaasss

Tampak depan, aksen bando sebagai pemisah kaca atas & bawah cukup khas. Kalau orang awam bis kadang sering menganggap kalau model seperti ini adalah double deck alias bus tingkat. Posisi bando ini cukup rendah, relatif segaris dengan garis lambung atas yang nilai plusnya tidak menghalangi pandangan penumpang ke depan. Untuk bagian cowl depan terlihat simpel & kalem, kelewat kalem malah.., terlihat lain dari pakem Tentrem biasanya yang begitu atraktif & galak. Coba deh bandingkan dengan wajah Scorking, ScorX, ataupun Max.

kaca miring ke depan
kaca menjorok ke dalam

 

Bagian kaca bawah cukup unik, bila dibandingkan ujung atasnya lebih menjorok ke dalam/belakang pada bagian frame bawah. Coba perhatikan dari view samping, keliatan kan? Hal ini kemungkinan untuk menyiasati keterbatasan luasan kaca. Penempatan wiper yang ngumpet memperkuat opini ini. Wiper ngumpet karena perlu ruang untuk gagangnya plus tidak merusak estetika bagian grill. Cukup jitu.

 

Ada aksen menarik di bagian depan ini yang mungkin absen dari pandangan mata, apakah itu? Garnish gril depan bertuliskan label “avante”, hasil proses laser cutting sepertinya. Tulisan ini baru terlihat saat lampu menyala, kesannya glowing avante…kreatif.

glowing avante
glowing avante

Pada bagian tampak samping, kurva pilar A dibuat lengkung mirip nusgem miracle, cukup luwes tidak kaku. Variasi bando bagian depan tersambung di belakang pilar kedua. Bentuk lengkung cukup mendominasi disini. Namun pada ending kaca terkesan menyudut, mengikuti bentukan duck tail cowl belakang.

 

buritan atraktif
buritan atraktif

Kita lanjut ke bagian tampak belakang, yuk! Pemilihan buritan irizar i8 sebagai konsep acuan memang cukup kekinian. Duct tail yang kini makin gedhe & bentuk kaca “prisma”, masih ada benang merah dengan varian sebelumnya, ScorX. View ini cukup menawarkan hal baru dibanding rival. Hanya satu saja yang sedikit agak mengganjal, lampu mendatar sambungan lampu kiri & kanan itu telah telanjur identik dengan produk sebelah, misal dicarikan alternatif lain rasanya view belakang ini bener-bener tampil fresh, full anyar. Tapi kadang masalah ketersediaan varian part emang jadi problem klasik, tak heran bila part-part utama yang digunakan karoseri lokal menjadi identik.

sekilas identik dengan varian tetangga
sekilas identik dengan varian tetangga

Overall, avante besutan tentrem ini cukup mengobati rasa kangen penggemar bis akan inovasi karoseri yang juga mengoperasikan bis ini. Kita tunggu saja varian ini lalu lalang di jalanan. Yang menjadi pertanyaan berikutnya, adakah varian Avante non-SHD alias dengan tinggi biasa nantinya? Jetliner dan Jetbus telah dibuat dengan 2 konsep itu. We’ll wait …

This slideshow requires JavaScript.

Foto-foto: grup HJmania, Bpk. Yohan TS#2, para fotografer bis joss pokoke

3 thoughts on “Avante, si bando dari Tentrem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s